Korut Tembakkan Rudal Balistik Jarak Pendek, Pamer Balik ke AS dan Korsel?

Umaya Khusniah ยท Minggu, 25 September 2022 - 08:53:00 WIB
Korut Tembakkan Rudal Balistik Jarak Pendek, Pamer Balik ke AS dan Korsel?
Korut menembakkan rudal balistik ke arah laut di lepas pantai timurnya. (Foto: Ist)

PYONGYANG, iNews.id - Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik ke arah laut di lepas pantai timurnya, Minggu (25/9/2022). Aksi ini dilakukan menjelang latihan militer yang direncanakan oleh pasukan Korea Selatan (Korsel) dan AS dan kunjungan Wakil Presiden AS, Kamala Haris ke kawasan itu.

Militer Korsel mengatakan, rudal balistik jarak pendek tunggal ditembakkan dari dekat daerah Taechon, Provinsi Pyongyan Utara tepat sebelum pukul 7 pagi waktu setempat.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada mengatakan, Jepang memperkirakan mencapai ketinggian maksimum rudal itu pada 50 km. Rudal itu mungkin telah terbang pada lintasan yang tidak teratur. 

Hamada mengatakan, rudal itu jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang. Tidak ada laporan masalah dengan pengiriman atau lalu lintas udara.

Banyak dari rudal jarak pendek yang diuji oleh Korut dalam beberapa tahun terakhir. Rudal jarak pendek telah dirancang untuk menghindari pertahanan rudal. 

Menurut para ahli, seperti dilansir dari Reuters, rudal bermanuver selama penerbangan dan terbang pada lintasan yang lebih rendah. 

“Jika dikategorikan peluncuran rudal jelajah, maka ini adalah peluncuran ke-19, yang merupakan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Hamada. 

Dia menyebut tindakan Korut ini merupakan ancaman bagi perdamaian dan keamanan Jepang, kawasan dan komunitas internasional saat konflik Rusia-Ukraina sedang berlangsung.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda