Kremlin Pastikan Putin Ikut KTT G20 Bali tapi Belum Pastikan Hadir Langsung atau via Video

Anton Suhartono · Sabtu, 30 April 2022 - 06:56:00 WIB
Kremlin Pastikan Putin Ikut KTT G20 Bali tapi Belum Pastikan Hadir Langsung atau via Video
Vladimir Putin (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, melalui telepon membahas berbagai isu. Di antara yang dibahas adalah krisis Ukraina serta seputar pertemuan G20

Dalam cuitan, Jokowi mengatakan bertukar pandangan dengan Putin tentang situasi di Ukraina serta kerja sama G20 serta situasi di Ukraina. Presiden juga menegaskan Indonesia siap berkontribusi untuk mencapai perdamaian kedua pihak.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov menegaskan keikutsertaan Putin dalam pertemuan yang akan berlangsung di Bali pada 15 dan 16 November itu. Namun sejauh ini belum ada keputusan yang diambil apakah Putin akan hadir secara fisik atau melalui video.

Peskov juga mengatakan Putin melakukan pembicaraan telepon yang positif dengan Jokowi pada Kamis.

Sehari sebelum pembicaraan Jokowi dengan Putin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan di Twitter dirinya diundang untum menghadir KTT G20. 

Dia mengaku mendapat dukungan terkait kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Keduanya juga membahas isu ketahanan pangan. 

"Sempat berbincang dengan Presiden Jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan dibahas," kata Zelensky.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda