Kunjungi Korea Selatan, Menlu China: Covid Tak Bisa Taklukkan Warga Kita

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 26 November 2020 - 11:56:00 WIB
Kunjungi Korea Selatan, Menlu China: Covid Tak Bisa Taklukkan Warga Kita
Menteri Luar Negeri Korsel, Kang Kyung Wha (kanan), mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari China, Menlu Wang Yi (kiri), di Seoul, Kamis (26/11/2020). (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id – Menteri Luar Negeri Korea Selatan dan Menlu China sepakat untuk bekerja sama memajukan hubungan bilateral, termasuk dalam penanganan pandemi virus corona (Covid). Kedua negara juga berjanji akan menangani masalah kawasan dan global bersama-sama, yang di antaranya mencakup pembicaraan nuklir yang melibatkan Korea Utara.

Menteri Luar Negeri Korsel, Kang Kyung Wha, mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari China, Menlu Wang Yi, yang tiba di Seoul pada Rabu (25/11/2020) malam. Sebelum bertandang ke ibu kota Korsel itu, Wang Yi lebih dulu menghabiskan waktu dengan berkunjung ke Tokyo, Jepang, selama dua hari.

Wang mengatakan, kunjungannya ke Seoul bermaksud untuk menyoroti pentingnya hubungan bilateral karena kedua negara telah bekerja sama sebagai mitra strategis dalam mempertahankan perdamaian dan stabilitas regional, serta mempromosikan pemerintahan global.

“Krisis Covid-19 tidak dapat menaklukkan warga kedua negara kita,” katanya kepada Kang di awal pertemuan, melalui seorang penerjemah, Kamis (26/11/2020), seperti dikutip Reuters.

“Hubungan bilateral kita mampu mengatasi cobaan Covid-19 dan menunjukkan kekuatan relasi yang lebih besar,” ucapnya.

Kang pun berterima kasih kepada Wang atas kunjungan ke Korsel. Dia mengungkapkan keinginan untuk bertukar pandangan demi memperdalam kerja sama dalam berbagai masalah, seperti isu Korea Utara, pandemi Covid, dan pemulihan ekonomi.

“Saya juga menantikan waktu bagi kita membahas cara-cara yang stabil dalam mengelola situasi yang berubah-ubah di Semenanjung Korea dan; untuk mendorong kondisi guna memajukan upaya kita dalam membangun perdamaian yang langgeng,” tuturnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil