Kunjungi Timur Tengah, Menlu AS Ingin Pastikan Gencatan Senjata Israel dan Hamas Awet

Anton Suhartono ยท Senin, 24 Mei 2021 - 20:59:00 WIB
Kunjungi Timur Tengah, Menlu AS Ingin Pastikan Gencatan Senjata Israel dan Hamas Awet
Antony Blinken (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken berkunjung ke Timur Tengah, Senin (24/5/2021), membahas perkembangan pascagencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Seorang pejabat AS mengatakan, kunjungan Blinken fokus untuk memastikan gencatan senjata antara Israel dan Palestina berjalan sebagaimana mestinya.

"Fokus utama kami adalah mempertahankan gencatan senjata serta memberikan bantuan kepada orang-orang membutuhkan," kata pejabat itu, dikutip dari Reuters, Senin (24/5/2021).

Blinken akan berkunjung ke Yerusalem, Ramallah, Kairo, dan Amman hingga Kamis mendatang, guna bertemu para pemimpin yakni Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Mesir Abdul Fattah Al Sisi, dan Raja Yordania Abdullah.

Mesir merupakan mediator utama gencatan senjata Israel dengan Hamas.

Selain itu kunjungan Blinken juga dalam rangka pengiriman bantuan untuk rakyat Jalur Gaza, termasuk rekonstruksi wilayah berpenduduk sekitar 2 juta jiwa itu yang porak-poranda dibombardir Israel.

"Amerika Serikat tetap berkomitmen pada solusi dua negara. Kami tidak ragu dengan itu, dengan cara apa pun. Mungkin saat ini terlalu dini untuk mengundang semua pihak ke Washington atau tempat lain," kata pejabat.

Editor : Anton Suhartono