Kutuk Iran, PM Israel Netanyahu Sebut Republik Islam Negara Tiran Mirip Nazi

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 23 Januari 2020 - 23:09 WIB
Kutuk Iran, PM Israel Netanyahu Sebut Republik Islam Negara Tiran Mirip Nazi

PM Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pidato dalam Forum Holocaust Dunia di museum peringatan Holocaust Yad Vashem di Yerusalem, 23 Januari 2020. (FOTO: ABIR SULTAN / POOL / AFP)

YERUSALEM, iNews.id - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mendesak tindakan terhadap Iran dalam pidato peringatan Holocaust, Kamis (23/1/2020). Dia membandingkan ancaman Iran dengan ancaman yang pernah ditimbulkan oleh Nazi Jerman.

"Tidak akan ada lagi Holocaust," kata Netanyahu, kepada para pemimpin dunia di Yerusalem, seperti dikutip AFP.

"Saya menyesalkan bahwa kita belum melihat sikap bersatu dan tegas terhadap rezim paling anti-Semit di planet ini, sebuah rezim yang secara terbuka berupaya mengembangkan senjata nuklir dan memusnahkan satu-satunya negara Yahudi."

"Saya meminta semua pemerintah bergabung dalam upaya vital untuk menghadapi Iran," kata dia, menegaskan.

Israel dengan keras menentang kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara dunia, yang menawarkan bantuan sanksi bagi Iran dengan imbalan pembatasan senjata nuklir.

Netanyahu bertepuk tangan ketika Presiden AS Donald Trump pada 2018 menarik diri dari perjanjian itu dan mendorong kekuatan Eropa untuk mengikuti jejak tersebut.

Dia mengatakan: "Israel memberi hormat kepada Presiden Trump dan Wakil Presiden (Mike) Pence karena menghadapi para tiran Teheran yang menaklukkan rakyat mereka sendiri dan mengancam perdamaian dan keamanan seluruh dunia."

"Israel akan melakukan apa pun yang harus dilakukan untuk mempertahankan negara kami, membela rakyat kami, dan membela masa depan Yahudi," ujar Netanyahu.

Editor : Nathania Riris Michico