Lagi, Angkatan Laut AS Kirim 2 Kapal Induk ke Laut China Selatan

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 Juli 2020 - 20:57 WIB
Lagi, Angkatan Laut AS Kirim 2 Kapal Induk ke Laut China Selatan

USS Nimitz (kanan) dan USS Ronald Reagan berlayar di Laut China Selatan (Foto: AFP)

HANOI, iNews.id - Ketegangan di Laut China Selatan belum berkurang. Pekan ini Amerika Serikat kembali mengirim dua kapal induk ke perairan yang disengketakan antara China dengan negara-negara Asia Tenggara itu.

Menurut keterangan Angkatan Laut (AL) AS, ini merupakan kali kedua dalam 2 pekan AS mengirim dua kapal induk.

Dua kapal tersebut adalah USS Nimitz dan USS Ronald Reagan. Sebelum ini kedua kapal tersebut juga ambil bagian dalam operasi dan latihan militer di perairan LCS pada 4 hingga 6 Juli 2020.

"Grup tempur kapal induk Nimitz dan Reagan tengah beroperasi di Laut China Selatan, di mana pun hukum internasional mengizinkan, untuk memperkuat komitmen kami terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata komandan USS Nimitz, Jim Kirk, dikutip dari Reuters, Jumat (17/7/2020).

Namun dalam keterangan itu ditekankan, kehadiran dua kapal induk tersebut tidak terkait dengan isu politik dan global yang tengah ramai. Seperti diketahui hubungan China dan AS sedang tegang, bukan saja soal LCS tapi terkait Hong Kong, Taiwan, serta wabah Covid-19.

China juga menggelar latihan militer di perairan tersebut pada bulan ini yang kemudian memicu kecaman dari Vietnam dan Filipina. Di saat bersamaan, dua kapal induk AS juga berada di sana.

Angkatan Laut AS menyebut, kapal induknya telah lama menjalankan latihan di wilayah Pasifik barat yang juga mencakup LCS, dengan perpanjangan sekitar 1.500 kilometer. Dalam rentang jarak tersebut, AS menempatkan total tiga kapal induk.

Editor : Anton Suhartono