Lagi, Paus Fransiskus Batalkan Kunjungan karena Dikabarkan Flu

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 28 Februari 2020 - 17:03 WIB
Lagi, Paus Fransiskus Batalkan Kunjungan karena Dikabarkan Flu

Kardinal Jozef Tomko menerima abu di dahi dari Paus Fransiskus selama misa Rabu Abu. (FOTO: Alberto PIZZOLI / AFP)

VATICAN CITY, iNews.id - Paus Fransiskus kembali menunda kunjungan resminya pada Jumat (28/2/2020) dan bekerja dari rumah. Pembatalan itu terjadi sehari setelah Paus membatalkan penampilan dalam misa karena penyakit ringan.

Dilaporkan AFP, Jumat (28/2/2020), Paus Fransiskus (83) muncul awal pekan menderita flu. Dia terlihat membersit hidung dan batuk selama kebaktian Rabu Abu, dan suaranya terdengar serak.

Dia merayakan misa pagi seperti biasa dan menyapa para peserta di akhir acara, tetapi membatalkan kegiatan hariannya selain yang digelar di rumah tamu Saint Martha di Vatikan, tempat dia tinggal.

Kepala pers Matteo Bruni menyatakan Paus mengalami penyakit ringan. Namun dia tidak menyebut secara rinci apa penyakit yang diderita Paus.

Keputusan membatalkan pertemuan publik pada hari kedua berturut-turut terjadi ketika Italia bergulat dengan wabah virus korona di Eropa, dengan sekitar 650 kasus dan 17 kematian.

Paus Fransiskus diketahui hanya memiliki satu paru-paru dan menderita masalah dengan salah satu pinggulnya. Dia sangat jarang membatalkan janji dalam jadwalnya yang sibuk.

Paus juga diketahui tidak pernah membatasi kegiatannya. Dia kerap bergaul dengan orang banyak dan sering berjabat tangan.

Editor : Nathania Riris Michico