Lagi, Vaksin Virus Corona Diuji Coba pada Manusia

Anton Suhartono ยท Rabu, 22 April 2020 - 17:10:00 WIB
Lagi, Vaksin Virus Corona Diuji Coba pada Manusia
Jerman mengeluarkan izin uji coba klinis vaksin virus corona pada manusia (Foto: AFP)

BERLIN, iNews.id - Otoritas Jerman, Rabu (22/4/2020), mengeluarkan izin untuk uji coba klinis vaksin virus corona pada manusia.

Vaksin yang dikembangkan hasil kerja sama perusahaan Jerman Biontech dan raksasa farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer itu akan diuji coba pada manusia, yakni relawan.

Hasil pengujian vaksin RNA ini akan bermanfaat besar dalam menentukan pengendalian wabah virus yang telah menginfeksi lebih dari 2,5 juta orang di seluruh dunia itu.

"Institut Paul Ehrlich-Institut telah mengizinkan uji klinis pertama vaksin terhadap Covid-19 di Jerman," kata badan pengawas, dalam pernyataan, sebagaimana dikutip dari AFP.

Izin ini dikeluarkan setelah melalui penilaian yang cermat terhadap risiko derta manfaat potensial yang bisa diambil dari vaksin.

Kabar dari Jerman ini merupakan perkembangan menggembirakan. Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap, ada 70 vaksin virus corona yang dikembangkan oleh berbagai institusi, baik perusahaan maupun kampus, di banyak negara.

Dari jumlah tersebut, tiga vaksin di antaranya sudah dijuji coba pada manusia. Dengan demikian, vaksin yang diuji ke manusia menjadi empat.

Satu dari tiga vaksin itu dalam proses klinis yang dikembangkan hasil kerja sama CanSino Biologics Hong Kong dengan Institut Bioteknologi Beijing. Uji coba vaksin ini sudah memasuki fase 2.

Dua lainnya yang sudah diuji pada manusia, masing-masing dikembangkan oleh produsen obat Amerika Serikat, yakni Moderna dan Inovio Pharmaceuticals.

WHO menyebut, perusahaan farmasi raksasa seperti Pfizer dan Sanofi juga memiliki kandidat vaksin yang sudah memasuki tahap pra-klinis.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda