Laporan Kantor Amnesty Internasional Ukraina Tuai Kecaman, Pemimpin Mundur

Umaya Khusniah ยท Minggu, 07 Agustus 2022 - 12:35:00 WIB
Laporan Kantor Amnesty Internasional Ukraina Tuai Kecaman, Pemimpin Mundur
Kepala Amnesty Internasional Ukraina, Oksana Pokalchuk mundur. (Foto: Amnesty Internasional)

KIEV, iNews.id - Kepala Kantor Amnesty Internasional Ukraina mengundurkan diri setelah badan HAM itu menuduh Kiev sengaja menempatkan pasukan di daerah permukiman sipil. Dia merasa pernyataan badan tersebut tak sejalan dengan pemikirannya. 

Kepala Amnesty Internasional Ukraina, Oksana Pokalchuk melalui Facebook pada Jumat (5/8/2022) malam mengatakan, dia mengundurkan diri karena menentang publikasi laporan itu. Dia merasa tidak bisa mengubah atau menghapus laporan tersebut. 

"Saya sedih untuk mengakuinya, tetapi kami tidak setuju dengan kepemimpinan Amnesty International tentang nilai-nilai. Itu sebabnya saya memutuskan untuk meninggalkan organisasi," katanya. 

Sebelumnya, Amnesty membuat komentar dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Kamis (4/8/2022) yang menuai kritik keras dari pemerintah Ukraina. Presiden Volodymyr Zelensky mengecaman tuduhan Amnesty dengan mengatakan, kelompok itu berusaha mengalihkan tanggung jawab dari agresor ke korban (Rusia ke Ukraina). 

Pokalchuk mengatakan Amnesty tanpa disadari menciptakan materi yang terdengar seperti dukungan untuk narasi invasi Rusia. Dalam upaya untuk melindungi warga sipil, penelitian ini menjadi alat propaganda Rusia.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda