Laporan Ungkap Sampel Mirip Virus Corona Diserahkan ke Lab Wuhan 7 Tahun Lalu

Anton Suhartono ยท Senin, 06 Juli 2020 - 10:47:00 WIB
Laporan Ungkap Sampel Mirip Virus Corona Diserahkan ke Lab Wuhan 7 Tahun Lalu
Institut Virologi Wuhan (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Laporan surat kabar Inggris, The Sunday Times mengungkap, sampel virus mirip corona dikirim ke Institut Virologi Wuhan, China, 7 tahun lalu. Temuan ini bisa mengungkap misteri asal mausal virus mematikan yang telah menginfeksi lebih dari 11,3 juta orang di dunia tersebut.

Disebutkan dalam laporan, para ilmuwan pada 2013 mengirim sampel beku ke laboratotium virologi Wuhan dari kelelawar yang berada di bekas tambang tembaga di Provinsi Yunnan.

Tambang di barat daya China itu dipenuhi kelelawar. Enam pekerja yang membersihkan kotoran kelelawar mengalami pneumonia berat.

Mengutip sumber dari tenaga medis yang merawat para korban, tiga dari pekerja tersebut kemudian meninggal dunia.

Setelah ramai wabah virus corona dan keterkaitannya dengan kelelawar, muncul spekulasi bahwa tiga pekerja itu meninggal akibat terinfeksi virus corona yang ditransmisikan dari kelelawar.

Shi Zhengli, seorang ahli virus corona di Institut Virologi Wuhan, kemudian mempelajari kelelawar di tambang yang sama. Peneliti berjuluk wanita kelelawar itu, dalam makalah yang diterbikan pada Februari 2020 mengungkap, Covid-19 memiliki kemiripan 96,2 persen dengan sampel virus RaTG13 yang diperoleh pada 2013.

Sejauh ini Institut Virologi Wuhan belum mengomentari laporan Sunday Times.

Namun pada Mei lalu, direktur Institut Virologi Wuhan mengatakan tidak ada salinan yang dibuat dari virus RaTG13 di laboratorium, sehingga tidak mungkin bocor.

Ditegaskan pula tidak ada bukti bahwa lab tersebut menjadi sumber wabah global.

Editor : Anton Suhartono