Ledakan Dahsyat di Pelabuhan Dubai, Gedung di Radius 25 Km Berguncang

Anton Suhartono ยท Kamis, 08 Juli 2021 - 15:12:00 WIB
Ledakan Dahsyat di Pelabuhan Dubai, Gedung di Radius 25 Km Berguncang
Ledakan dahsyat di pelabuhan Dubai, UEA, menciptakan bola api besar (Screengrab: Twitter/Arab News)

DUBAI, iNews.id - Ledakan kuat mengguncang Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (7/7/2021) malam. Kuatnya ledakan membuat gedung-gedung hingga radius puluhan kilometer berguncang.

Kantor Media Dubai (DMO) melaporkan, sumber ledakan berasal dari kapal yang berlabuh di Pelabuhan Jebal Ali, yakni sebuah kontainer di dalam kapal yang menyimpan bahan mudah terbakar. Tidak ada korban dalam insiden itu dan kebakaran bisa segera diatasi.

Kru segera dievakuasi setelah ledakan, sehingga terhindar dari dampak lebih buruk.

Tidak disebutkan nama kapal yang meledak itu, kantor media hanya menjelaskan kapal termasuk berukuran kecil dengan kapasitas 130 kontainer. Namun situs web pelacak kapal MarineTraffic mengungkap kapal kontainer itu bernama Ocean Trader berbendera Komoro.

Ocean Trader merapat di Pelabuhan Jebel Ali sejak Rabu siang setelah berlayar keluar-masuk pantai UEA sejak April. 

Sementara itu sebuah video yang diunggah di situs web Lovin Dubai menunjukkan ledakan menciptakan bola api yang kontras dengan langit malam.

Efek ledakan menciptakan gelombang kejut ke Kota Dubai, mengguncang bangunan dan menggetarkan kaca jendela rumah hingga radius 25 kilometer dari pelabuhan.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan, petugas pemadam kebakaran berjibaku menangani kebakaran. Sekitar 2,5 jam setelah ledakan, tim Pertahanan Sipil Dubai mengumumkan api berhasil dijinakkan untuk memulai proses pendinginan.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: