Letusan Besar Kembali Terdeteksi dari Gunung Berapi Tonga

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 17 Januari 2022 - 13:04:00 WIB
Letusan Besar Kembali Terdeteksi dari Gunung Berapi Tonga
Gambar satelit yang menunjukkan letusan dahsyat gunung berapi bawah laut di Tonga, Sabtu (15/1/2022) lalu. (Foto: Reuters)

DARWIN, iNews.id – Stasiun pemantau yang berbasis di Darwin, Australia, pada Senin (17/1/2022) menyatakan bahwa letusan besar lainnya telah terdeteksi di gunung berapi Tonga. Laporan itu muncul hanya dua hari setelah letusan dahsyat gunung berapi bawah laut di Tonga memicu gelombang tsunami di sekitar kawasan Pasifik.

Menurut Pusat Peringatan Abu Vulkanik Darwin, letusan terbaru itu terdeteksi pada pukul 05.10 WIB pagi tadi. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga menyatakan telah mendeteksi gelombang besar di daerah itu. 

“Ini mungkin berasal dari ledakan lain gunung berapi Tonga. Tidak ada gempa bumi yang diketahui dengan ukuran signifikan untuk menghasilkan gelombang tersebut,” ungkap lembaga itu, seperti dikutip The Associated Press, hari ini.

Gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga meletus pada Sabtu (15/1/2022) lalu. Letusan itu menimbulkan abu, uap, dan gas hingga ketinggian 20 km ke udara. Radius dampak letusan dirasakan hingga jarak 260 km.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda