Letusan Gunung Tonga, Jepang Dihantam Tsunami dan Kapal di Pelabuhan Sampai Terbalik

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 16 Januari 2022 - 16:01:00 WIB
Letusan Gunung Tonga, Jepang Dihantam Tsunami dan Kapal di Pelabuhan Sampai Terbalik
Sejumlah kapal dan perahu terbalik di Pelabuhan Muroto, Prefektur Kochi, Jepang, Minggu (16/1/2022). (Foto: Reuters/Kyodo)

TOKYO, iNews.idJepang hari ini dihantam tsunami, menyusul letusan dahsyat gunung berapi di bawah laut di Tonga, sehari sebelumnya. Sejumlah kapal yang bersandar di pelabuhan negara itu pun terbalik.

Japan Times melaporkan, gelombang setinggi satu meter menghantam Pantai Pasifik pada Minggu (16/1/2022) pagi waktu setempat. Hampir 230.000 penduduk di Jepang didesak untuk mengungsi ke tempat tinggi karena ancaman tsunami di negeri sakura.

Badan Meteorologi Jepang pagi tadi mengeluarkan peringatan tsunami untuk Prefektur Iwate yang terletak di wilayah timur laut negara itu. Peringatan serupa juga dikeluarkan untuk Pulau Amami dan Tokara di Prefektur Kagoshima yang terletak di bagian barat daya Jepang.

Badan tersebut juga memprediksi kemunculan gelombang setinggi 3 meter, menurunkan status peringatan itu menjadi sebatas pemberitahuan. Semua peringatan itu dicabut pada Minggu pukul 14.00 waktu setempat (12.00 WIB).

Badan Meteorologi Jepang menyatakan, gelombang itu berbeda dari tsunami biasa yang disebabkan oleh gempa bumi. “Gelombang itu mungkin disebabkan oleh perubahan tekanan atmosfer yang tiba-tiba akibat letusan,” ungkap badan tersebut.

Di Distrik Kominato di Pulau Kagoshima, Amami Oshima, permukaan air laut naik 1,2 meter pada pukul 23.55. Sabtu.

Kenaikan muka air laut setinggi 1,1 meter juga teramati di sebuah pelabuhan di Kuji, Iwate, pada pukul 02.26 Minggu.

Sampai saat ini, belum ada laporan tentang korban luka akibat bencana alam tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: