Lonjakan Harian Covid Global Menurun, WHO: Jangan Lengah!

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 19 Februari 2021 - 07:07:00 WIB
Lonjakan Harian Covid Global Menurun, WHO: Jangan Lengah!
Kepala Teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove. (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id – Lonjakan harian infeksi Covid yang dilaporkan di seluruh dunia telah menurun selama sebulan terakhir. Bahkan, data global yang dicatat Reuters pada Selasa (16/2/2021) mencapai titik terendah sejak pertengahan Oktober lalu.

Walaupun demikian, para ahli kesehatan memperingatkan masyarakat untuk tidak bersikap apatis terhadap protokol kesehata, sekalipun program vaksinasi sudah mulai diluncurkan di seluruh dunia.

Menurunnya kejadian infeksi dan kematian akibat wabah virus corona saat ini bertepatan dengan kebijakan karantina wilayah (lockdown) dan pembatasan kegiatan sosial yang ketat yang diterapkan oleh pemerintah di sejumlah negara. Akan tetapi, kemunculan varian baru Covid-19 kembali meningkatkan kekhawatiran para ilmuwan akan kemanjuran vaksin corona yang sudah ada saat ini. 

“Sekarang bukan waktunya untuk lengah. Kita tidak boleh membiarkan diri kita masuk ke situasi di mana kasus kita meningkat lagi,” kata Kepala Teknis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove, di Jenewa, Kamis (18/2/2021).

Di beberapa negara, wabah Covid-19 menyerang dengan jauh lebih keras dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya. Namun, perbedaan metode penghitungan kasus infeksi oleh masih masing-masing pemerintah membuat para ahli tidak mungkin untuk membuat perbandingan yang apple to apple secara sempurna.

Pada Selasa lalu, ada 351.335 kasus infeksi baru yang dilaporkan di seluruh dunia (angka rata-rata mingguan). Angka tersebut turun dari 863.737 kasus baru pada 7 Januari lalu. Sementara jumlah kematian baru akibat Covid juga menurun cukup signifikan, dari 17.649 kematian pada 26 Januari; menjadi 10.957 pada 16 Februari.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2