Mahkamah Agung Brasil Perintahkan Penyelidikan terhadap Presiden Bolsonaro, Ada Apa?

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 05 Desember 2021 - 11:25:00 WIB
Mahkamah Agung Brasil Perintahkan Penyelidikan terhadap Presiden Bolsonaro, Ada Apa?
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (Foto: Reuters)

BRASILIA, iNews.id – Mahkamah Agung Brasil memerintahkan penyelidikan terhadap Presiden Jair Bolsonaro. Penyelidikan itu terkait dengan klaim palsu sang presiden yang menyebut orang yang telah divaksinasi Covid-19 mungkin memiliki risiko lebih tinggi tertular AIDS.

CNN melansir, Bolsonaro membuat klaim yang tidak benar itu dalam siaran video langsung di berbagai platform media sosial pada Oktober lalu. Facebook dan YouTube pun telah menangguhkan Bolsonaro untuk sementara waktu, menyusul komentar tersebut.

Hakim Agung Alexandre de Moraes meluncurkan penyelidikan sebagai respons atas permintaan salah satu komisi di Parlemen Brasil, belum lama ini. Komisi itu sebelumnya telah menyelidiki tanggapan pemerintahan Bolsonaro terhadap pandemi Covid-19.

Bolsonaro menuai kritik secara luas, baik dari dalam maupun luar negeri, karena menganggap enteng pandemi virus corona. Dia juga meremehkan upaya orang-orang untuk divaksinasi, meskipun Brasil menjadi salah satu negara dengan tingkat wabah Covid terburuk di dunia.

Komisi di Parlemen Brasil memiliki akses ke dokumen yang menunjukkan bahwa pemerintah mengabaikan setidaknya 81 penawaran vaksin dari Pfizer pada 2020. Menurut Program Gabungan PBB tentang HIV dan AIDS, vaksin Covid-19 yang disetujui oleh regulator kesehatan aman bagi kebanyakan orang, termasuk mereka yang hidup dengan HIV/AIDS.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: