Malaysia Cabut AstraZeneca dari Program Vaksinasi Covid Nasional

Anton Suhartono · Kamis, 29 April 2021 - 13:21:00 WIB
Malaysia Cabut AstraZeneca dari Program Vaksinasi Covid Nasional
Malaysia mencabut AstraZeneca dari program vaksinasi Covid nasional (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Malaysia mencabut AstraZeneca dari program vaksinasi Covid-19 nasional terkait kasus pembekuan darah pada pengguna, sebagaimana terjadi di banyak negara Eropa. Meski demikian pemerintah tetap membolehkan penggunaan vaksin hasil kolaborasi Inggris-Swedia itu bagi mereka yang menginginkannya.

Menteri koordinator imunisasi Khairy Jamaluddin mengatakan data ilmiah mengenai kemanjuran dan manfaat vaksin virus corona AstraZeneca tidak cukup untuk membayar keraguan masyarakat sehingga mau mendapatkannya. Mereka lebih khawatir akan risiko dan dampaknya.

Dengan keputusan ini maka program imunisasi Covid-19 nasional Malaysia yang digulirkan sejak akhir Februari hanya akan menggunakan produk Pfizer dan Sinovac.

Pengumuman ini disampaikan di tengah lonjakan kasus harian Covid-19 di negara itu. Malaysia mencatat rekor penambahan harian pada Rabu (28/4/2021) sejak 2 bulan terakhir.

Para ahli mengatakan Malaysia masih dalam cengkeraman gelombang ketiga pandemi, bahkan kada lemungkinan gelombang keempat.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2