Masih Pandemi Covid, Begini Cara Warga Muslim Oxford Jalani Bulan Ramadan

Antara ยท Senin, 10 Mei 2021 - 05:33:00 WIB
Masih Pandemi Covid, Begini Cara Warga Muslim Oxford Jalani Bulan Ramadan
Suasana buka bersama di Oxford Central Mosque, Manzil Way, Cowley, Oxford Inggris, pada Jumat, 7 Mei 2021. (Foto: ANTARA)

LONDON, iNews.id - Warga muslim di Kota Oxford London tetap merayakan bulan suci Ramadan meski di tengah pandemi Covid. Mereka pun tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

“Pandemi mengubah banyak hal terhadap ritual tradisi muslim di Oxford dan Inggris Raya secara umum. Kami mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah Inggris. Namun, kami berusaha agar tetap ada kegiatan Ramadan, sehingga masjid tidak menjadi sepi,” kata Imam besar Oxford Central Mosque, Imam Nabeel, Minggu (9/5/2021).

Selama Ramadan saat pandemi, takmir Oxford Central Mosque menyelenggarakan buka bersama tiap hari Jumat. Acara diikuti sekitar 50 warga muslim lintas negara yang bermukim di kota itu seperti India, Pakistan, Turki, hingga Nigeria dan Aljazair.

Sebagian peserta merupakan pekerja professional di Inggris sedangkan sisanya pelajar di Universitas Oxford dan Universitas Oxford Brookes.

Kegiatan buka bersama tujuannya sebagai silaturahmi antarwarga muslim di Oxford dan sekitarnya. Proses penyelenggaraan acara mengikuti anjuran dari pemerintah Inggris dan juga otoritas setempat.

“Buka bersama ini setelah pengajian rutin pada sore hari setiap Jumat, yang kemudian dilanjutkan dengan salat Maghrib, Isya dan juga tarawih,” katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2