Masjid Jadi Sasaran Penghinaan terhadap Islam, Prancis Tingkatkan Pengamanan

Djairan ยท Senin, 12 April 2021 - 22:48:00 WIB
Masjid Jadi Sasaran Penghinaan terhadap Islam, Prancis Tingkatkan Pengamanan
Pemerintah Prancis meningkatkan pengamanan di fasilitas ibadah bagi Muslim jelang Ramadan. (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id - Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerald Darmanin menyerukan keamanan ditingkatkan di seluruh tempat-tempat ibadah umat Muslim setelah aksi vandalisme merusak dinding masjid terjadi beberapa hari sebelum masuknya Ramadan.

Pada Minggu (11/4/2021) pagi, seorang pengurus dan anggota komunitas Muslim menemukan coretan-coretan di sebuah masjid dan di pusat budaya Islam di kota barat Rennes. Slogan yang ditulis pelaku berupa kata-kata yang menghina Islam, seruan Perang Salib hingga seruan agar Katolik dijadikan ‘agama negara’.

Kantor kejaksaan Kota Rennes segera meluncurkan penyelidikan. Berbicara kepada wartawan selama kunjungan ke lokasi tersebut, Darmanin mengecam aksi vandalisme dan menyatakan solidaritasnya kepada 5,7 juta umat Muslim di Prancis.

“Aksi vandalisme anti-Muslim yang ditorehkan di pusat budaya dan agama ini tidak dapat diterima. Kebebasan beribadah di Prancis adalah kebebasan fundamental,” kata Darmanin, dikutip Aljazeera, Senin (12/4/2021).

Dia meminta polisi dan komponen militer untuk mengawasi sudut-sudut kota dan memperkuat kewaspadaan di sekitar masjid menjelang Ramadan. Kendati demikian, tetap ada kekhawatiran yang meningkat akan keselamatan Muslim di di tengah serentetan insiden Islamofobia dalam beberapa hari terakhir.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2