Masjid Jarir Al Bajali Berusia 1.400 Tahun, Buah Dakwah Nabi Muhammad SAW di Thaif

Anton Suhartono ยท Rabu, 14 April 2021 - 17:55:00 WIB
Masjid Jarir Al Bajali Berusia 1.400 Tahun, Buah Dakwah Nabi Muhammad SAW di Thaif
Masjid Jarir Al Bajali (Foto: SPA)

MAKKAH, iNews.id - Nabi Muhammad SAW menghadapi penentangan bahkan perlawanan saat berdakwah di Thaif. Beliau dilempari batu penduduk Thaif hingga berdarah-darah. Namun perlakuan buruk warga Thaif tak serta merta membuat Rasulullah SAW menghentikan dakwahnya di daerah pegunungan nan sejuk itu.

Buah dari kesabaran Nabi Muhammad SAW adalah diterimanya dakwah setelah penaklukan Kota Makkah. Di kota itu dibangun masjid yang kemudian diberi nama Jarir Al Bajali.

Masjid yang diberi nama dari sahabat Nabi, Jarir bin Abdullah Al Bajali, itu terletak di pusat Haddad Bani Malik. Jarir Al Bajali merupakan salah satu tokoh Thaif yang memeluk Islam bersama pengikutnya pada Ramadhan Tahun 10 Hijriah. Makam Jarir terletak di sebelah masjid, Desa Al Qudah. 

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman memasukkan masjid berusia 1.400 tahun itu dalam proyek Renovasi Masjid Bersejarah.

Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur Al Sarat, menggunakan batu tidak beraturan serta atapnya dibuat dari cabang pohon Juniper dan beton.  Luas masjid 350 meter persegi dan dapat menampung sekitar 130 jemaah.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2