Massa Pendukung Donald Trump Kembali Geruduk Gedung Capitol AS

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 19 September 2021 - 04:01:00 WIB
Massa Pendukung Donald Trump Kembali Geruduk Gedung Capitol AS
Massa pendukung Donald Trump kembali berunjuk rasa di sekitar Gedung Capitol AS, Washington DC, Sabtu (18/9/2021). (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Massa pendukung mantan Presiden AS Donald Trump kembali berunjuk rasa di sekitar Gedung DPR AS atau US Capitol, Washington DC, Sabtu (18/9/2021). Namun, jumlah polisi yang mengawal aksi tersebut jauh belebih jumlah demonstran yang hadir.

Reuters melansir, ada sekitar 100 hingga 200 pengunjuk rasa muncul di sekitar kompleks parlemen Amerika Serikat itu. Beberapa di antaranya membawa bendera kelompok sayap kanan Three Percenters di atas bahu mereka. 

Jumlah itu jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan penyelenggara unjuk rasa, yakni sebanyak 700 orang. Sementara, saat terjadinya kekacauan di Gedung Capitol pada 6 Januari lalu, ada ribuan pendukung Trump yang hadir di lokasi itu.

Ratusan aparat keamanan berpatroli di halaman Capitol. Pada saat yang sama, pagar hitam setinggi 2,44 m yang mengelilingi gedung berkubah putih itu selama sekitar enam bulan pascaserangan Januari, kini dipasang kembali untuk mengantisipasi terulangnya peristiwa serupa. Seratus anggota Garda Nasional juga bersiaga di sekitar Capitol.

Dalam orasi mereka, para pendukung Trump yang berdemo di Capitol akhir pekan ini mengatakan bahwa ratusan perusuh yang ditangkap pada 6 Januari lalu hanyalah “tahanan politik”. Karenanya, pendemo menuntut pembebasan rekan-rekan mereka itu. 

“Ini tentang keadilan dan perlakuan yang berbeda,” kata penyelenggara unjuk rasa yang juga simpatisan garis keras Trump, Matt Braynard, dikutip, Minggu (19/9/2021) WIB. 

Braynard adalah satu dari sekian banyak orang Amerika yang percaya bahwa kekalahan Trump pada Pemilu AS 2020 adalah hasil dari kecurangan yang meluas.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: