Mayat Jurnalis dan Tentara Ukraina Ditemukan di Hutan, Ternyata Begini Faktanya

Umaya Khusniah · Kamis, 23 Juni 2022 - 16:47:00 WIB
Mayat Jurnalis dan Tentara Ukraina Ditemukan di Hutan, Ternyata Begini Faktanya
Jurnalis foto Ukraina, Maks Levin tewas dieksekusi pasukan Rusia. (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id - Jurnalis foto Ukraina, Maks Levin dan prajurit Oleksiy Chernyshov dieksekusi oleh angkatan bersenjata Rusia. Kesimpulan itu diambil berdasarkan analisis bukti serta foto TKP. 

Kesimpulan itu disampaikan oleh pengawas media yang berbasis di Paris, Reporters Without Borders pada Rabu (22/6/2022) setelah menggelar penyelidikan. Hasil dari penyelidikan itu disampaikan dalam bentuk laporan. 

“Analisis foto-foto TKP, pengamatan di tempat, dan bukti material yang ditemukan dengan jelas menunjukkan eksekusi yang mungkin didahului dengan interogasi atau bahkan tindakan penyiksaan,” kata Sekretaris Jenderal dari RSF, Christopher Deloire. 

Mayat Levin dan Chernyshov ditemukan di hutan Moshchun, 20 kilometer (12 mil) utara Kiev pada 1 April lalu. Desa yang berbatasan dengan hutan itu dibombardir oleh pasukan Rusia untuk mengambil alih ibu kota Ukraina pada awal perang pada 24 Februari.

Laporan RSF mengatakan keduanya dieksekusi dengan dingin dan kejam. Diduga, mereka terlebih dulu diinterogasi atau disiksa oleh tentara Rusia pada 13 Maret.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: