Media Prancis Tak Rela Gambar Hasil Liputan Dipakai untuk Kampanye Donald Trump

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 06 September 2020 - 03:05:00 WIB
Media Prancis Tak Rela Gambar Hasil Liputan Dipakai untuk Kampanye Donald Trump
Presiden AS, Donald Trump. (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id – Jaringan televisi milik Prancis, France 24, merasa gerah lantaran salah satu rekaman video reportasenya digunakan dalam klip kampanye Pilpres AS Donald Trump. Lembaga penyiaran publik itu pun meminta kepada pihak Trump untuk menarik video tersebut.

Direktur France Medias Monde, Marie-Christine Saragosse, selaku pengawas media Pemerintah Prancis mengatakan, stasiun berita France 24 merasa terkejut menemukan gambar hasil liputannya digunakan secara ilegal alias tidak sah. Gambar tersebut diambil tim kampanye Trump dari salah satu laporan stasiun TV itu terkait kerusuhan antirasial di Minneapolis, Minnesota, AS, beberapa waktu lalu.

France 24 pada prinsipnya menentang penggunaan gambar-gambarnya dalam klip partisan mana pun dan sangat marah karena gambar-gambarnya telah diedit ulang dan maknanya pun dipelintir. Ini secara serius merusak pekerjaan jurnalistik tim (France 24) dan kekayaan intelektualnya,” kata Saragosse, Sabtu (5/9/2020), seperti dikutip AFP.

Dia menuturkan, France 24 menyerukan kepada tim kampanye Trump untuk segera menarik gambar-gambar tersebut. Saragosse menambahkan, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah hukum jika permintaan itu tidak dipenuhi pihak Trump.


Editor : Ahmad Islamy Jamil