Menhan AS Lloyd Austin Kunjungi Asia Tenggara Pekan Ini, Ada Apa?

Anton Suhartono ยท Senin, 26 Juli 2021 - 13:15:00 WIB
Menhan AS Lloyd Austin Kunjungi Asia Tenggara Pekan Ini, Ada Apa?
Lloyd Austin (Foto: Reuters)

FAIRBANKS, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Lloyd Austin pekan ini memulai kunjungan ke Asia Tenggara, yakni Singapura, Vietnam, dan Filipina. Dia menjadi anggota kabinet Presiden Joe Biden pertama yang mengunjungi Asia Tenggara.

Kunjungan Austin ini dalam rangka menekankan pentingnya upaya AS untuk memperkuat posisi di Asia Tenggara guna melawan pengaruh China.

"Anda akan mendengar saya berbicara banyak tentang kemitraan dan nilainya. Tujuan saya adalah untuk mempererat hubungan," kata Austin, dikutip dari Reuters, Senin (26/7/2021).

Dia pun tak akan canggung-canggung membahas soal pengaruh China terhadap Laut China Selatan. Dalam pidato di Singapura pada Selasa serta pertemuan di Vietnam dan Filipina, Austin akan menyinggung perilaku agresif China di Laut China Selatan dan menekankan pentingnya menjaga kawasan yang lebih luas bebas dan terbuka.

Perjalanan Austin ini menyusul kunjungan pertama Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Wendy Sherman ke China pada Minggu dan Senin serta bertepatan dengan kunjungan Menlu Antony Blinken ke India, mitra penting AS lainnya dalam melawan Beijing.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2