Menkes Argentina Mundur gara-gara Skandal 'Orang Dalam' Vaksin Covid

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 20 Februari 2021 - 09:46:00 WIB
Menkes Argentina Mundur gara-gara Skandal 'Orang Dalam' Vaksin Covid
Menkes Argentina, Gines Gonzalez Garcia, saat memantau kedatangan 580.000 dosis vaksin Covid buatan AstraZeneca di Bandara Internasional Ezeiza, Buenos Aires, 17 Februari 2021. (Foto: Reuters)

BUENOS AIRES, iNews.id – Menteri Kesehatan Argentina, Gines Gonzalez Garcia, mengundurkan diri pada Jumat (19/2/2021) waktu setempat. Pengunduran diri pira itu menyusul laporan bahwa ada segelintir orang yang memanfaatkan koneksi atau “orang dalam” untuk mendapatkan akses ke vaksin Covid-19 yang sebenarnya bukan menjadi hak mereka.

Dalam sebuah surat yang diunggah di Twitter, Garcia mengatakan, adanya orang-orang yang mengambil “jalan pintas” untuk memperoleh vaksin itu semata-mata kekeliruan yang tidak disengaja saat dia tak berada di kantornya. 

Pada hari yang sama, dua sumber di Kantor Kepresidenan Argentina sebelumnya mengatakan, Presiden Alberto Fernandez memang telah meminta Garcia mengudurkan diri. Permintaan sang presiden itu setelah munculnya tuduhan di media bahwa setidaknya ada 10 orang menerima vaksinasi tanpa mengikuti prosedur yang semestinya. 

Di antara penerima vaksin jalur cepat itu terdapat seorang jurnalis veteran yang mengklaim telah menerima suntikan vaksin corona setelah berbicara langsung dengan Menteri Garcia.

Reuters melansir, skandal yang berkembang itu semakin menambah kekhawatiran yang lebih luas di wilayah Amerika Selatan akan korupsi dan penyalahgunaan akses ke vaksin yang jumlahnya masih terbatas di tengah pandemi.

Awal bulan ini, menteri kesehatan dan menteri luar negeri Peru juga mengundurkan diri. Sementara, mantan presiden negara itu menghadapi penyelidikan kriminal setelah sebuah laporan mengungkap bahwa ratusan pejabat Peru dan sejumlah pihak tertentu lainnya menerima dosis vaksin di luar uji klinis dan sebelum program imunisasi nasional dimulai.

Di Argentina, jurnalis lokal terkenal Horacio Verbitsky mengatakan, dia mendapat suntikan vaksin setelah “mendekati” sang menteri.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2