Menlu Iran dan Kuba Jajaki Kerja Sama Hadapi Sanksi Amerika Serikat

Arif Budiwinarto ยท Sabtu, 07 November 2020 - 11:28:00 WIB
Menlu Iran dan Kuba Jajaki Kerja Sama Hadapi Sanksi Amerika Serikat
Menlu Kuba, Bruno Rodriguez (kanan) bersama Menlu Iran Mohammad Javad Zarif (kiri) bertemu di Havana, Jumat (6/11/2020), untuk membahas kerja sama menghadapi pengetatan sanksi Amerika Serikat. (foto: AFP)

HAVANA, iNews.id - Saat Amerika Serikat tengah disibukkan dinamika Pilpres 2020, Menteri Luar Negeri Kuba dan Iran mengadakan pertemuan untuk memperkuat kerja sama dalam menghadapi sanksi Negeri Paman Sam.

Surat kabar setempat, Granma, melaporkan pertemuan antara Menlu Kuba Bruno Rodriguez dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif berlangsung di kota Havana pada Jumat (6/11/2020) waktu setempat. Pertemuan itu menandai solidaritas timbal balik antara kedua negara dalam menghadapi pengetatan sanksi oleh pemerintah AS terhadap negara-negara yang menolak tunduk pada keinginan Washington.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir Iran yang bernama resmi Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada 2018. AS juga telah mengumumkan lebih dari 130 langkah untuk memperkuat embargo yang dihadapi Kuba sejak 1962.

"Kuba akan mendukung penggunaan energi dan teknologi nuklir secara damai untuk berkontribusi pada pembangunan sosial ekonomi, dan akan mengutuk keputusan pemerintah Amerika Serikat untuk menarik diri secara sepihak dari Perjanjian Nuklir dengan Iran," demikian laporan Granma seperti yang dilansir dari AFP, Sabtu (7/11/2020).

Iran dan Kuba sebut AS langgar aturan antar negara

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2 3