Menlu Retno ke Amerika Bertemu Antony Blinken, Bahas Laut China Selatan hingga Covid-19

Anton Suhartono ยท Rabu, 04 Agustus 2021 - 13:40:00 WIB
Menlu Retno ke Amerika Bertemu Antony Blinken, Bahas Laut China Selatan hingga Covid-19
Retno Marsudi bertemu Menlu AS Antony Blinken di Washington DC membahas berbagai isu (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu dengan mitranya dari Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, di Washington DC, Selasa (3/8/2021) waktu setempat. Pada kesempatan itu, Blinken mengumumkan dialog strategis dengan Indonesia

Kedua negara berkomitmen meningkatkan bekerja sama dalam berbagai isu, termasuk soal kebebasan navigasi di Laut China Selatan. Blinken dan Retno juga berkomitmen dalam perang melawan wabah Covid-19, krisis iklim, serta meningkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi bilateral.

Kedua pihak sebenarnya sudah menyepakati untuk membangun kemitraan strategis pada 2015, namun Blinken menegaskan semua dimulai sejak pertemuan terbaru ini.

“Indonesia merupakan mitra demokrasi yang kuat bagi Amerika Serikat. Kami bekerja sama di banyak bidang,” kata Blinken, dalam konferensi pers bersama dengan Retno, dikutip dari Reuters, Rabu (4/8/2021).

Sementara itu Retno mengatakan kepada Blinken kemitraan yang kuat dengan Indonesia akan menjadi aset utama untuk meningkatkan keterlibatan AS di kawasan Asia Tenggara.

Amerika Serikat, lanjut Retno, merupakan salah satu mitra penting bagi ASEAN dalam mewujudkan pandangan Indo-Pasifik.

“Harapan saya, dan juga pemerintah Indonesia, untuk memajukan hubungan bilateral dengan AS, dari kesehatan ke SDG (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), dari pendidikan, ekonomi, dan seterusnya,” katanya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: