Menlu Retno Marsudi Dilaporkan Berkunjung ke Myanmar Kamis Besok

Anton Suhartono ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 06:44:00 WIB
Menlu Retno Marsudi Dilaporkan Berkunjung ke Myanmar Kamis Besok
Retno Marsudi (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dilaporkan akan berkunjung ke Myanmar, Kamis (25/2/2021), terkait kudeta militer yang menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi.

Ini akan menjadi kunjungan pejabat asing pertama ke negara Asia Tenggara itu sejak kudeta pada 1 Februari 2021.

Dilaporkan Reuters, mengutip dokumen perjalanan dari pemerintah, Menlu Retno akan tiba di Ibu Kota Naypyitaw pada Kamis pagi. 

Retno melakukan kunjungan ke beberapa negara ASEAN untuk menggalang dukungan digelarnya pertemuan khusus ASEAN membahas situasi di Myanmar.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Ri mengatakan, Retno kini berada di Thailand dan setelah itu ada kemungkinan melakukan perjalanan ke negara lain. Namun dia tak bisa memastikan negara tujuan selanjutnya.

Sebelumnya, Indonesia menjadi sorotan di Myanmar terkait pemberitaan Reuters bahwa pemerintah mengusulkan agar ASEAN mengirim pengawas untuk memastikan pemilu yang akan digelar pemerintahan junta berlangsung adil.

Para aktivis serta warga Myanmar tak menginginkan adanya pemilu baru, melainkan mendesak militer untuk mengembalikan pemerintahan sipil yang dikudeta.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2