Menlu Zimbabwe Sibusiso Moyo Meninggal Dunia akibat Covid-19

Anton Suhartono ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 16:59:00 WIB
Menlu Zimbabwe Sibusiso Moyo Meninggal Dunia akibat Covid-19
Sibusiso Moyo (Foto: Reuters)

HARARE, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Zimbabwe Sibusiso Moyo meninggal dunia akibat Covid-19, Rabu (20/1/2021).

Juru bicara istana kepresidenan George Charamba mengatakan, Moyo meninggal dunia di rumah sakit di Harare pada dini hari.

Mantan jenderal Angkatan Darat Zimbabwe yang mengumumkan kudeta militer untuk menggulingkan Robert Mugabe pada November 2017 itu menjalani perawatan beberapa hari.

"Bangsa ini akan terus mendapat perkembangan lebih lanjut tentang kematian mendiang menteri, seorang prajurit dan pejuang kemerdekaan yang dihormati," kata Charamba, dikutip dari Reuters.

Moyo merupakan satu dari beberapa jenderal yang diberi penghargaan dengan posisi senior di kabinet Presiden Emmerson Mnangagwa dan partai berkuasa ZANU-PF karena membantu menggulingkan Mugabe.

Dia menjadi menteri kedua Zimbabwe yang meninggal akibat terinfeksi virus corona. Pada Juli 2020, Menteri Pertanian Perrance Shiri tutup usia.

Zimbabwe mengalami lonjakan kasus infeksi Covid-19. Lebih dari setengah dari total 28.675 kasus infeksi serta 825 kematian akibat Covid-19 di negara itu terjadi sejak Tahun Baru 2021. 

Editor : Anton Suhartono