Menteri Perdagangan Jepang Mundur karena Terlibat Skandal Gratifikasi

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 25 Oktober 2019 - 09:20 WIB
Menteri Perdagangan Jepang Mundur karena Terlibat Skandal Gratifikasi

Menteri Perdagangan Jepang Isshu Sugawara mundur. (FOTO: REUTERS)

TOKYO, iNews.id - Menteri Perdagangan Jepang yang baru mengajukan pengunduran dirinya setelah dituduh melanggar hukum pemilu dengan memberi uang dan hadiah kepada pemilih. Hal itu diungkap Perdana Menteri Shinzo Abe, Jumat (25/10/2019).

Isshu Sugawara berada di kursi panas setelah sebuah majalah melaporkan dia dicurigai membayar 20.000 yen kepada keluarga di daerah pemilihannya.

Dia juga dilaporkan memberikan hadiah kepada pemilih lain, termasuk buah melon mahal dan bahkan kepiting, menurut kantor berita Kyodo.

Jumlah yang diketahui, meski kecil, merupakan pelanggaran terhadap undang-undang pemilihan umum untuk kantor publik Jepang.

Abe mengatakan, Sugawara mengajukan pengunduran dirinya setelah rapat kabinet dan bahwa dirinya sudah menerima keputusan itu.

"Saya memikul tanggung jawab karena menunjuknya. Saya sangat meminta maaf kepada orang-orang Jepang," kata Abe.

Sugawara akan digantikan oleh Hiroshi Kajimaya, mantan menteri yang bertugas merevitalisasi masyarakat di pedesaan, kata Abe.

Sugawara mengatakan kepada Abe, "Bukan maksud saya bahwa debat parlemen terhenti (karena skandal)."

Dia ditunjuk dalam perombakan kabinet baru-baru ini. Kabinet PM Abe mempertahankan peringkat kepuasan publik yang cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir, meskipun ada beberapa skandal politik.


Editor : Nathania Riris Michico