Mesir Punya Kapal Selam Baru, Setipe dengan KRI Nanggala

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 17:49:00 WIB
Mesir Punya Kapal Selam Baru, Setipe dengan KRI Nanggala
Kapal selam S44 buatan Jerman tiba di Pangkalan Angkatan Laut Iskandariyah, Mesir. (Foto: Dok. AL Mesir)

ISKANDARIYAH, iNews.id – Sebuah kapal selam buatan Jerman tiba di Pangkalan Angkatan Laut Iskandariyah (Alexandria), Mesir, Senin (2/8/2021). Kapal selam yang diberi nama S44 itu memiliki tipe yang sama dengan KRI Nanggala (402) yang tenggelam di perairan Bali, April lalu, yakni Tipe 209.

Juru bicara militer Mesir menuturkan, kapal selam sepanjang 62 meter itu dilengkapi dengan teknologi canggih dan kekuatan tempur yang telah dikembangkan. Kapal itu memiliki kapasitas untuk membawa 30 anggota awak dan mampu melakukan kegiatan pengawasan dan pengumpulan intelijen.

Pembelian kapal selam tersebut sebagai bagian dari upaya Mesir untuk meningkatkan kemampuan angkatan lautnya dan melindungi sumber daya ekonomi negara itu di Laut Mediterania, dan Laut Merah. “Serta di Terusan Suez,” ungkap juru bicara itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip Alarabiyah, Selasa (3/8/2021).

Sejak 2016, Mesir telah menerima tiga kapal selam serupa dari Jerman. Pembelian itu sekaligus mencerminkan tingkat kerja sama yang baik antara kedua negara, menurut pernyataan militer tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2