Militer Venezuela Tembak Jatuh Pesawat Bawa Narkoba Milik Perusahaan AS

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 17:15 WIB
Militer Venezuela Tembak Jatuh Pesawat Bawa Narkoba Milik Perusahaan AS

Pesawat ditembak jatuh dan terbakar (foto: ist)

CARACAS, iNews.id - Pemerintah Venezuela mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat karena melanggar wilayah udara. Pesawat yang terdaftar di Amerika Serikat itu diduga terlibat dalam operasi peredaran narkoba.

Operasi Komando Strategis Angkatan Bersenjata Nasional melaporkan telah menghentikan aktivitas pesawat tersebut menggunakan sebuah jet militer dengan protokol keamanan setelah pesawat tersebut terlihat berada di wilayah Venezuela pada 7 Juli tengah malam.

Keberhasilan operasi tersebut dipublikasi melalui media sosial Twitter. Dalam postingan akun @ceofanb dibagikan juga foto-foto puing-puing pesawat yang ditembak jatuh dan terbakar. Di bagian ekor pesawat terlihat nomor N339AV.

Belum ada informasi terkait nasib kru maupun barang bukti narkoba dari dalam badan pesawat yang ditembah jatuh.

Dilansir dari RT, Jumat (10/7/2020), pesawat tersebut terdaftar di Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat berjenis Raytheon Hawker 800 milik KMW Flight LLC di Delaware.

Berdasarkan data aplikasi pemantau lalu lintas udara dunia, Fligtradar24, penerbangan terakhir pesawat tersebut adalah berangkat dari Toluca, Meksiko ke Pulau Cozumel di Karibia pada Selasa (7/7/2020).

Menteri Pertahanan Venezuela, Vladimir Padrino Lopez, mengapresiasi operasi penghancuran tersebut dan menyebutnya sebagai "kemenangan dalam pertempuran melawan perdagangan narkoba".

Sejak 2013, Venezuela memiliki kebijakan tembak jatuh pada pesawat yang diduga membawa narkoba di wilayah udaranya.

Editor : Arif Budiwinarto