Miris, Bayi di India Lahir dengan 4 Kaki dan 3 Tangan

Anton Suhartono ยท Senin, 23 September 2019 - 14:05 WIB
Miris, Bayi di India Lahir dengan 4 Kaki dan 3 Tangan

Bayi di India lahir dengan empat kaki dan tiga tangan (Foto: Caters News)

RAJASTHAN, iNews.id - Setiap orangtua pasti berharap punya anak yang normal secara fisik, namun keinginan itu tak selalu terwujud. Di Rajasthan, India, seorang perempuan melahirkan bayi yang memiliki empat kaki dan tiga tangan.

Hasil analisis dokter, bayi itu seharusnya lahir dalam kondisi kembar tiga, namun ada proses pemisahan yang tak sempurna. Proses persalinan berlangsung pada Jumat (20/9/2019) malam di rumah sakit Kota Tonk.

Sang ibu, Raju (24), melahirkan dua bayi, seorang di antaranya merupakan laki-laki yang keluar dalam kondisi normal dan sehat, sedangkan satu lagi yakni perempuan memiliki empat kaki dan tiga tangan.

(Bayi lahir dengan 4 kaki dan 3 tangan/Caters News)

Dua kaki dan dua tangan berada di posisi sebagaimana layaknya. Namun dua kaki dan satu tangan tambahan menutupi bagian dada dan perut.

Meski demikian, Rohitesh Meena, dokter ahli bedah yang menangani sang bayi, yakin anak itu bisa kembali normal setelah menjalani operasi.

"Raju melahirkan secara alami untuk si kembar pukul 02.46 (waktu setempat). Anak laki-laki itu normal tetapi yang perempuan mengalami kasus kembar terbatas," kata Meena, dikutip dari Mirror, Senin (23/9/2019).

Dia menambahkan, sang bayi mengalami masalah pernapasan meski tak parah, sehingga harus diberikan bantuan pernapasan dari tabung oksigen.

Menurut Meena, Raju dan suaminya, Badhulal Gurjar, kaget dengan kondisi anak pertama mereka. Saat kehamilan, Raju tak memeriksakan kandungan secara rutin karena alasan ekonomi. Suaminya hanya buruh harian yang penghasilannya tak cukup untuk biaya pemeriksaan ultrasonografi atau USG.

"Mereka tidak melakukan USG. Mereka saat ini tertekan setelah kelahiran bayi perempuan itu," kata Meena.

Dia melanjutkan, rumah sakit di Tonk tak memiliki peralatan medis yang memadai untuk mengoperasi bocah malang tersebut. Untuk itu, dokter akan merujuk pasien ke rumah sakit lain.

"Kami akan merujuknya ke rumah sakit canggih di Jaipur untuk perawatan lebih lanjut dan operasi pediatrik," tuturnya, seraya menambahkan, kondisi anak dan ibunya sudah stabil.

Editor : Anton Suhartono