Mongolia Protes Jepang karena Gambar Alat Kelamin di Dahi Genghis Khan

Anton Suhartono ยท Minggu, 25 Februari 2018 - 07:41:00 WIB
Mongolia Protes Jepang karena Gambar Alat Kelamin di Dahi Genghis Khan
Patung Genghis Khan (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Mongolia melayangkan protes diplomatik kepada Jepang terkait gambar di majalah komik bulanan untuk anak-anak. Di majalah itu terdapat gambar pahlawan Mongolia, Genghis Khan, yang di dahinya terdapat alat kelamin pria.

Diberitakan Japan Today, Sabtu 24 Februari 2018, protes itu disampaikan Kedutaan Besar Mongolia di Tokyo kepada Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Jepang, dengan menyatakan, gambar tersebut menunjukkan penghinaan terhadap warga Mongolia.

Sementara itu perusahaan penerbit majalah, Shogakukan Inc, sudah menyampaikan permintaan maaf kepada Mongolia pada Jumat 23 Februari 2018 malam, dalam pertemuan dengan pejabat kedubes di Tokyo, Dambadarjaa Batjargal.

"Kami benar-benar meminta maaf telah menyakiti perasaan pihak-pihak yang menghormati Genghis Khan," demikian pernyataan Shogakukan, di website-nya.

Majalan komik edisi Maret itu sedianya akan dijual di Jepang mulai 15 Februari.

Pada Desember 2017, seorang pria di China divonis hukuman penjara selama 1 tahun setelah videonya yang menginjak-injak foto Genghis Khan sambil menghina bereda di internet. Video itu diambil di Yinchuan, ibu kota Provinsi Ningxia, dan diunggah di layanan video online Kuaishou pada Mei 2017.

Video Luo itu sontak menjadi bahan obrolan warganet. Sebagian etnis di wilayah otonom Inner Mongolia tidak menyukai aksi Luo dan melapor ke polisi.

Editor : Anton Suhartono