Mumi Berusia 8 Abad Ditemukan di Ibu Kota Peru

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 14 Oktober 2022 - 08:11:00 WIB
Mumi Berusia 8 Abad Ditemukan di Ibu Kota Peru
Mumi dari zaman pra-Inca yang ditemukan di situs arkeologi Cajamarquilla dan diyakini berusia antara 800 dan 1.200 tahun dipamerkan di Lima, Peru, 22 Februari 2022. (Foto: Reuters)

LIMA, iNews.id – Para arkeolog di Peru menemukan sejumlah mumi berusia delapan abad di sebuah situs di ibu kota negara itu, Lima. Ini dianggap menjadi temuan penting yang menurut para ahli dapat menunjukkan kuburan dari masa kolonial.

Reuters melansir, tim arkeolog pada Selasa (11/10/2022) lalu bekerja keras mengangkat mumi-mumi itu dalam proyek ekskavasi di Taman Legenda Lima, di kawasan pantai Peru Tengah. 

Dengan hati-hati, mereka membersihkan mayat-mayat yang diawetkan tersebut—yang ditemukan di bawah situs itu. Di antara temuan mereka itu, juga terdapat mumi anak-anak.

Pejabat Taman Legenda Lima, Lucenida Carrion mengatakan, pada awal Agustus lalu, tim arkeolog juga menemukan tiga mumi. Salah satunya dalam posisi memegang salib kayu. 

“Temuan ini mendukung hipotesis kami bahwa ini bisa jadi kuburan dari masa kolonial, pada saat peralihan (sistem kepercayaan penduduk) ke Kristen atau Katolik,” katanya, seperti dikutip pada Jumat (14/10/2022).

Manajer lapangan penggalian arkeologi di Taman Legenda Lima, Manuel Moron mengungkapkan, mumi-mumi itu ditemukan dalam posisi yang tidak biasa. Mereka didapati mengenakan bahan pakaian yang menunjukkan pengaruh kolonial Spanyol

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda