Mungkinkah Rusia Diberi Kesempatan Gabung NATO? Begini Komentar Menlu AS Blinken

Anton Suhartono · Jumat, 20 Mei 2022 - 20:02:00 WIB
Mungkinkah Rusia Diberi Kesempatan Gabung NATO? Begini Komentar Menlu AS Blinken
Antony Blinken (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menegaskan NATO tak akan pernah menyerang Rusia. Menurut dia, NATO didirikan sebagai aliansi pertahanan, jadi tak akan menyerang Rusia.

Dalam wawancara di acara talkshow The Late Show stasiun televisi CBS yang dipandu Stephen Colbert, Kamis (19/5/2022), Blinken mengatakan NATO tak punya niat yang agresif terhadap Rusia.

"Itu (NATO) tidak pernah menyerang Rusia, tidak akan menyerang Rusia. Itu tidak bermaksud menyerang Rusia," ujarnya, seperti dilaporkan kembali RT, Jumat (20/5/2022).

Komentarnya itu disampaikan menjawab pertanyaan Colbert yang mengutip pernyataan Paus Fransiskus bahwa perang Rusia dan Ukraina terjadi karena NATO semakin ekspansif di Eropa.

Blinken lalu menimpali, krisis Ukraina bukan didasarkan pada ekspansi NATO. Justru dampak dari serangan itu NATO kini semakin besar setelah Finlandia dan Swedia mengajukan permohonan bergabung.

“Dia (Rusia) ingin mencegah NATO menjadi lebih besar dengan (masuknya) Ukraina. Sekarang dengan Finlandia dan Swedia," ujar Blinken.

Colbert lalu menyinggung kemungkinan Rusia mendapat kesempatan yang sama untuk bergabung dengan NATO. Blinken menjawab isu itu pernah muncul pada 1990-an, namun Rusia menolak.

“Yah, rakyat Rusia memutuskan bukan itu yang ingin mereka inginkan," ujarnya.

Isu soal Rusia punya kesempatan untuk menjadi anggota NATO juga pernah disampaikan sejumlah pejabat AS, termasuk Bill Clinton saat menjabat presiden.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: