Museum Madame Tassauds Pisahkan Patung Harry dan Meghan dari Keluarga Kerajaan Inggris

Anton Suhartono ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 19:54 WIB
Museum Madame Tassauds Pisahkan Patung Harry dan Meghan dari Keluarga Kerajaan Inggris

Patung lilin Pangeran Harry dan Meghan Markle dipisahkan dari jajaran keluarga kerajaan Inggris (Foto: AP)

LONDON, iNews.id - Museum Madame Tassauds London langsung merespons pernyataan Pangeran Harry (35) dan Meghan (38) yang memutuskan keluar sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

Pengumuman yang disampaikan pasangan itu mengejutkan publik Inggris, apalagi alasan mereka terkait ketidaknyamanan dengan tekanan di Kerajaan. Keputusan itu juga diambil tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan ayah Harry, Pangeran Charles, serta neneknya, Ratu Elizabeth II.

Madame Tussauds menyatakan, patung Harry dan Meghan akan dipisahkan ke bagian lain dari museum, jauh dari Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, Pangeran Charles, serta Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton.

"Selain belahan dunia lainnya, kami bereaksi terhadap berita mengejutkan bahwa Duke dan Duchess of Sussex akan mundur sebagai anggota senior kerajaan," kata manajer umum Madame Tassauds, Steve Davies, dikutip dari Reuters, Jumat (10/1/2020).

Meski demikian, Davies menegaskan patung Harry dan Meghan tetap menjadi bagian penting dari koleksi mereka.

"Sebagai dua tokoh paling populer dan dicintai, tentu saja mereka akan tetap menjadi keleksi penting di Madame Tussauds London sembari kami menyaksikan apa bab selanjutnya bagi mereka," ujar Davies.

Pasangan yang menikah pada Mei 2018 itu memutuskan akan menghabiskan waktu di Amerika Utara.

Berita mengejutkan ini muncul setelah tahun yang bergejolak bagi pasangan tersebut. Secara terbuka Harry pernah mengatakan telah berjuang untuk hidup terpisah dengan saudaranya, Pangeran William. Pasangan itu juga memberikan respons negatif terhadap pemberitaan media.

"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' keluarga kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," kata mereka sebagaimana dirilis Istana Buckingham.

Laporan BBC menyebutkan, suasana Istana Buckingham penuh dengan kekecewaan bahkan terpukul dengan keputusan Harry dan Meghan.

Harry dan Meghan merupakan anggota inti keluarga kerajaan paling senior bersama kakaknya, Pangeran William dan istrinya, Kate. Mereka dipandang sebagai masa depan monarki Inggris. Harry berada di urutan keenam pewaris takhta kerajaan.

Editor : Anton Suhartono