Napi Kasus Pembunuhan Hakim Jadi Orang Tertua yang Dieksekusi di AS

Anton Suhartono ยท Jumat, 20 April 2018 - 10:23 WIB
Napi Kasus Pembunuhan Hakim Jadi Orang Tertua yang Dieksekusi di AS

Walter Moody (Foto: 1057news)

WASHINGTON, iNews.idAmerika Serikat mengekseusi mati pria bernama Walter Moody, Kamis 19 April 2018.  Moody merupakan pelaku teror bom yang dimasukkan ke dalam paket, menewaskan dua orang pada 1989.

Dia disuntik mati di fasilitas Willian C Holman Correctional di Atmore. Tak ada pesan terakhir yang disampaikannya, sampai ekseuksi dilakukan.

Hal yang menarik, Moody merupakan orang tertua yang dieksekusi mati sepanjang sejarah AS modern. Usianya sampai ajal menjemput adalah 83 tahun.

Menurut data Pusat Informasi Hukuman Mati, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (20/4/2018), Moody menggantikan John Nixon sebagai orang tertua yang disuntik mati di AS. Nixon dieksekusi di usia 77 tahun pada Desember 2005 di Mississippi.

Moody dituduh mengirim paket surat berisi bom yang menewaskan hakim Robert Vance (59) dan seorang aktivis yang memperjuangkan hak warga negara dari Georgia yang juga pengacara, Robert Robinson.

Jaksa penuntut menjelaskan, motif pembunuhan ini adalah Moody marah terkait tuduhan pengeboman pada 1972 yang mengubur kariernya. Sementara bom yang ditujukan kepada Robinson merupakan bentuk kekesalan karena yang bersangkutan mengeluarkan pernyataan yang membuat penyelidik bingung. Pada akhirnya keterangan Robinson memperberat posisinya.

Pria yang sudah dipenjara selama 20 tahun itu terus berusaha meyakinkan bahwa dirinya tak bersalah. Di hari-hari terakhir menjelang eksekusi, Mahkamah Agung AS sempat meminta penundaan untuk memberi kesempatan kepada Moody membuktikan dirinya tak bersalah. Namun pengadilan menolaknya.

Moody merupakan orang kedelapan yang dihukum mati di AS sepanjang 2018. Lebih dari 40 persen orng yang dihukum mati di AS berusia 50 tahun atau lebih.


Editor : Anton Suhartono