NASA Rilis Rekaman Video saat Kendaraan Penjelajah Mendarat di Planet Mars

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 09:53:00 WIB
NASA Rilis Rekaman Video saat Kendaraan Penjelajah Mendarat di Planet Mars
NASA merilis video pendaratan kendaraan penjelajah ke permukaan Mars (Screengrab: YouTube/NASA)

LOS ANGELES, iNews.id - Badan antariksa Amerika Serikat NASA merilis video pendaratan kendaraan di permukaan planet Mars, Senin (22/2/2021). Kendaraan tersebut berhasil mendarat ke permukaan Planet Merah pada Kamis pekan lalu. 

Video diputar kepada wartawan yang meliput siaran webcast dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di dekat Los Angeles, 4 hari setelah pendaratan bersejarah wahana astrobiologi paling canggih yang pernah dikirim ke planet lain.

Tayangan dimulai dengan keluarnya parasut supersonik pada kendaraan beberapa kilometer di atas permukaan. Lalu pesawat bertenaga roket menurunkan laboratorium sains ke permukaan.

Rekaman itu diambil dari beberapa kamera yang dipasang di berbagai sudut pesawat luar angkasa yang membawa kendaraan penjelajah, bernama Perseverance. Kendaraan lalu menembus atmosfer Mars yang tipis untuk melakukan pendaratan mulus di cekungan luas yang disebut Kawah Jezero.

Ilmuwan NASA Thomas Zurbuchen mengatakan rekaman ini merupakan gambaran paling dekat yang bisa dilihat mengenai pendaratan di Mars.

NASA juga memperdengarkan rekaman suara singkat yang ditangkap oleh mikrofon pada kendaraan penjelajah setelah pendaratan, yakni embusan angin ringan Mars. Ini diketahui sebagai rekaman audio pertama dari permukaan Mars.

Ilmuwan NASA lainnya Justin Maki mengatakan, kendaraan stasioner NASA, InSight, yang tiba di Mars pada 2018 sebelumnya mempelajari planet itu untuk mengetahui sinyal seismik yang digerakkan secara akustik yang kemudian diubah menjadi audio.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2