NATO: Rusia Terus Siapkan Serangan Skala Penuh ke Ukraina

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 23 Februari 2022 - 02:33:00 WIB
NATO: Rusia Terus Siapkan Serangan Skala Penuh ke Ukraina
Ketua NATO, Jens Stoltenberg. (Foto: Reuters)

BRUSSELS, iNews.idNATO menilai pasukan Rusia terus mempersiapkan serangan skala penuh ke Ukraina. Indikasi tersebut terlihat sejak Moskow mengakui dua wilayah separatis di Ukraina Timur sebagai negara merdeka, Senin (21/2/2022) lalu.

“Setiap indikasi adalah bahwa Rusia terus merencanakan serangan skala penuh ke Ukraina,” kata Ketua NATO, Jens Stoltenberg, setelah menggelar pertemuan darurat dengan utusan Ukraina, Selasa (22/2/2022).

“Kami melihat semakin banyak pasukan (Rusia) yang bergerak keluar dari kamp dan berada dalam formasi tempur dan siap menyerang,” ujarnya.

Stoltenberg mengatakan, pasukan Rusia lebih lanjut telah bergerak melintasi perbatasan Ukraina pada Senin malam ke wilayah-wilayah separatis yang didukung Kremlin.

“Apa yang kita lihat adalah invasi lebih lanjut ke negara yang sebenarnya sudah diinvasi,” ucap Stoltenberg.

Moskow merebut Semenanjung Krimea dari Ukraina pada 2014. Perisiwa itu telah memicu konflik separatis di wilayah timur Ukraina seperti Donetsk dan Luhansk selama delapan tahun terakhir. Konflik tersebut telah menewaskan lebih dari 14.000 orang sampai hari ini.

Pada Senin (21/2/2022), Putin mengakui Donetsk dan Luhansk sebagai negara merdeka. Dia pun memerintahkan tentara Rusia untuk meluncurkan “operasi penjaga perdamaian” ke dua wilayah tersebut. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda