Negara dengan Harga Minyak Goreng Termurah, Indonesia Termasuk?

Rilo Pambudi ยท Jumat, 27 Mei 2022 - 23:27:00 WIB
Negara dengan Harga Minyak Goreng Termurah, Indonesia Termasuk?
Berikut Negara dengan Harga Minyak Goreng Termurah (Foto: ThamKC)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa negara dengan harga minyak goreng termurah. Di Indonesia, harga minyak goreng sempat melambung tinggi dan meresahkan sebagian besar masyarakat.

Lonjakan harga minyak goreng ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Hal itu salah satunya disebabkan karena turunnya produksi kelapa sawit yang menjadi bahan baku minyak goreng. Naiknya permintaan Crude Palm Oil (CPO) untuk kebutuhan biodiesel juga menjadi alasan lain naiknya harga minyak goreng.

Kini harga minyak goreng di Indonesia perlahan mulai turun setelah pemerintah membuka kembali keran ekspor CPO dan bahan baku mentah minyak goreng. Pembukaan keran ekspor tersebut dimulai pada hari ini, Senin (23/5/2022).

Sebelumnya, Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat harga minyak goreng curah berada di Rp17.000 per liter pada Jumat (20/5/2022). Sementara untuk minyak goreng kemasan sederhana turun Rp100 jadi Rp23.500 dan kemasan premium turun Rp100 jadi Rp25.900 per liter. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan harga minyak goreng di dalam negeri cukup stabil karena pemerintah mampu menekan kenaikan harga komoditas. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers pada Sabtu (21/5/2022). 

Dalam kesempatan itu, presiden juga membandingkan harga minyak goreng RI dengan sejumlah negara, seperti Singapura dan Amerika Serikat (AS). Dibanding dengan beberapa negara lain, harga minyak goreng Indonesia jauh lebih murah. 

Jokowi membeberkan, harga minyak goreng di Jerman mencapai Rp47.000 per liter, di Singapura menyentuh angka Rp41.000 per liter, lalu Amerika Serikat (AS) sebesar Rp45.000 per liter. 

Lantas selain Indonesia, negara mana saja yang memiliki harga minyak goreng termurah. Melansir IDX Channel, ada beberapa negara di benua Amerika dan Eropa yang memiliki harga minyak goreng murah.

Berikut Negara dengan Harga Minyak Goreng Termurah:

1. Argentina

Di urutan pertama, ada Argentina sebagai negara Amerika Latin yang memiliki harga minyak goreng murah. Kisaran harga minyak goreng di Negeri Tango tersebut adalah USD1.51 atau sekitar Rp21.779 per liternya. Diketahui, Argentina juga memiliki peran penting dalam industri sawit dunia. Argentina merupakan sebagai salah satu eksportir sawit terbesar dunia.

2. Belarusia

Posisi berikutnya adalah Belarusia. Disebutkan bahwa harga minyak goreng di Belarusia mencapai USD1.57 atau sekitar Rp 22.661 per liter. Harga tersebut tentu saja jauh lebih murah ketimbang harga rata-rata minyak goreng di Eropa.

3. Irlandia 

Berikutnya ada Irlandia berada di posisi ketiga sebagai negara dengan harga minyak goreng termurah. Harga minyak goreng di Irlandia berkisar di USD1.58 atau sekitar Rp22.806 per liternya. 
 
Itulah 3 negara dengan harga minyak goreng termurah. Untuk informasi, harga minyak goreng tertinggi saat ini dipegang Afrika Selatan dengan harga USD4.98 USD atau setara dengan Rp72.593 per liter.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel: