Negara Ini Bakal Larang Warga Beli Rokok Seumur Hidup

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 09 Desember 2021 - 11:59:00 WIB
Negara Ini Bakal Larang Warga Beli Rokok Seumur Hidup
Ilustrasi larangan merokok. (Foto: Reuters)

WELLINGTON, iNews.idSelandia Baru berencana untuk melarang kaum muda membeli rokok seumur hidup. Jika itu terjadi, negeri kiwi bakal menjadi salah satu negara yang menerapkan tindakan keras terberat di dunia terhadap industri tembakau

Pemerintah Selandia Baru beralasan, metode lain untuk menekan angka perokok memakan waktu terlalu lama. Karenanya, semua warga berusia 14 tahun pada 2027—ketika undang-undang baru itu dijadwalkan mulai berlaku—tidak akan pernah diizinkan untuk membeli rokok secara legal di negara Pasifik berpenduduk 5 juta jiwa itu. 

Sementara menunggu aturan itu diterapkan, tingkat nikotin semua produk rokok yang dijual di negeri itu akan dikurangi.

“Kami ingin memastikan kaum muda tidak pernah mulai merokok. Jadi, kami akan menjadikan pelanggaran bagi yang menjual atau memasok produk tembakau asap ke kalangan anak muda baru,” kata Wakil Menteri Kesehatan Selandia Baru, Ayesha Verrall, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Kamis (9/12/2021).

Dia menuturkan, pemerintah akan berkonsultasi dengan Satuan Tugas Kesehatan Maori dalam beberapa bulan mendatang, sebelum memperkenalkan rancangan undang-undang (RUU) itu ke Parlemen Selandia Baru pada Juni nanti. Harapannya RUU tersebut dapat disahkan menjadi undang-undang pada akhir 2022.

Setelah UU itu disahkan, industri tembakau ritel di Selandia Baru bakal menjadi salah satu yang paling dibatasi di dunia. Sementara, Bhutan menjadi negara paling keras soal tembakau, karena di sana penjualan rokok betul-betul dilarang sama sekali.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda