Nekat Terobos Demonstran Pembela George Floyd, Sopir Truk Diamuk Massa

Antara, Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 01 Juni 2020 - 12:26:00 WIB
Nekat Terobos Demonstran Pembela George Floyd, Sopir Truk Diamuk Massa
Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di tengah Kota Minneapolis, memprotes kebrutalan polisi dalam kasus kematian George Floyd, akhir pekan lalu. (Foto: AFP)

MINNEAPOLIS, iNews.id – Sebuah truk tangki nekat menerobos ribuan orang yang berunjuk rasa atas kematian George Floyd di jalan raya Minneapolis, Minggu (1/6/2020). Para demonstran yang marah lalu menyeret si sopir dan memukulinya, menurut saksi Reuters dan aparat berwenang.

Dalam insiden itu, tampaknya tak ada pengunjuk rasa yang terluka ketika truk menghampiri mereka di Jalan Antarnegara Bagian (Interstate) I-35W Minneapolis sambil membunyikan klakson sehingga membubarkan kerumunan sebelum akhirnya truk berhenti. Polisi langsung tiba di lokasi dan menangkap si sopir truk, yang kemudian dibawa ke rumah sakit. Meski sempat dihajar massa, sopir itu tidak mengalami luka serius.

“Tindakan yang sangat mengganggu oleh seorang sopir truk di I-35W, menghasut kerumunan pengunjuk rasa damai,” ungkap Departemen Keamanan Publik Minnesota (MNDPS) lewat cuitan di Twitter.

Video menunjukkan, pada bagian samping truk tersebut terdapat logo “Kenan Advantage Group”, perusahaaan transportasi yang berbasis di Ohio, AS. Saat dikonfirmas, pihak perusahaan belum memberikan komentar.

MNDPS juga tidak menjelaskan secara perinci identitas sopir truk tersebut. Akan tetapi, Patroli Negara Bagian Minnesota dan Biro Penahanan Kriminal Minnesota sedang mendalami insiden tersebut sebagai perkara pidana.

Selama sepekan ini, publik Amerika Serikat digegerkan dengan tewasnya pria berkulit hitam bernama George Floyd di tangan petugas Departemen Kepolisian Minneapolis, Senin (25/5/2020) lalu. Kala itu, pria keturunan Afrika-Amerika itu diborgol dan ditelungkupkan ke tanah oleh polisi.

Floyd tewas setelah seorang polisi (yang kemudian diketahui sebagai Derek Chauvin) menindih lehernya dengan lutut selama lebih dari lima menit. Kematian pria malang itu direkam dalam sebuah video.

Video tersebut beredar di media sosial memicu kemarahan rakyat di penjuru kota, apalagi insiden tersebut berlatar belakang rasial. Demonstrasi pun pecah di Minneapolis, hingga berjung perusakan dan penjarahan. Aksi protes serupa juga terjadi di belasan kota besar lainnya di AS.

Editor : Ahmad Islamy Jamil