Ngeri! 1 Warga di China Tularkan Covid ke 102 Orang

Antara ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 11:40:00 WIB
Ngeri! 1 Warga di China Tularkan Covid ke 102 Orang
Masyarakat China menghadapi gelombang baru wabah Covid-19 (ilustrasi). (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id – Pemerintah China hingga Rabu (20/1/2021) mencatat total 133 kasus Covid aktif di Provinsi Jilin. Sebanyak 57 di antaranya tanpa gejala.

Otoritas setempat pun sudah melacak kasus tersebut, yang ternyata berasal dari seorang tenaga pemasaran (salesman) yang beberapa kali bolak-balik dari Provinsi Jilin ke Provinsi Heilongjiang. Orang itu sebelumnya mengadakan empat kali kegiatan promosi pada 6-11 Januari di Jilin—yang pesertanya lebih banyak kalangan orang tua.

Menurut pemerintah, orang itu telah menularkan virus corona kepada sedikitnya 102 orang. Sekitar 60 persen di antaranya berusia di atas 60 tahun.

Sementara itu, lebih dari 24.000 warga Distrik Daxing, Beijing, China, dilarang meninggalkan rumah karena harus menjalani isolasi mandiri. Larangan itu menyusul peningkatan kasus infeksi di kawasan tersebut.

Bagi mereka yang hendak ke luar kota harus mendapatkan persetujuan terlebih dulu dari otoritas lokal dan menunjukkan hasil tes usap yang dilakukan tiga hari sebelum bepergian, demikian pernyataan Tim Satgas Covid-19 di Daxing, Kamis (21/1/2021).

Pemerintah Distrik Daxing memberlakukan penutupan akses total atau lockdown di lima kawasan permukiman warga setelah mendapati beberapa kasus baru Covid-19. Semua fasilitas publik di distrik itu—yang belum genap dua tahun dan memiliki bandara komersial baru dan terbesar di China—juga ditutup.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2