Ngeri, Jenazah Korban Covid Terus Bermunculan dari Kuburan bahkan Mengapung di Sungai

Anton Suhartono · Selasa, 29 Juni 2021 - 14:43:00 WIB
Ngeri, Jenazah Korban Covid Terus Bermunculan dari Kuburan bahkan Mengapung di Sungai
Jenazah korban Covid yang dimakamkan di tepi Sungai Gangga terus bermunculan akibat naiknya air (Foto: Reuters)

ALLAHABAD, iNews.id - Jenazah korban Covid-19 terus muncul dari kuburan di tepi Sungai Gangga, India. Luapan air akibat musim hujan menggerus makam-makam yang dibuat seadanya, bahkan banyak jenazah yang mengambang dan terbawa arus.

Para korban itu dimakamkan seadanya di pinggiran sungai saat India diterjang tsunami Covid pada April dan Mei. Keluarga tak sanggup mengkremasi jenazah lantaran ketiadaan biaya. Banyak dari jenazah itu sekadar dipendam di pasir sehingga rentan tergerus. Kremasi bisa menelan biaya lebih dari 7.000 rupee (sekitar Rp1,3 juta).

Para pejabat Kota Allahabad mengatakan, hampir 150 jenazah muncul dari kuburan, bahkan ada yang mengapung, dalam 3 pekan terakhir. Jenazah-jenazah itu lalu dikremasi di tepi sungai menggunakan kayu bakar.

Dikutip dari AFP, berdasarkan penelusuran, masih ada puluhan jenazah yang terendam di sungai. Para pejabat Allahabad sebelumnya memperkirakan di lokasi itu ada 500 sampai 600 makam korban Covid.

Namun warga sekitar yakin jumlahnya jauh lebih banyak dari angka resmi yang diungkap pemerintah. Saat tsunami Covid melanda, keluarga memakamkan kerabat mereka di tempat itu tanpa melalui izin sehingga jumlah pastinya tidak diketahui.

Mereka yakin dalam beberapa pekan mendatang masih benyak jenazah yang bermunculan dari kuburan dan mengambang di sungai.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: