Ngeri, Petir Bunuh 49 Orang di India

Anton Suhartono ยท Kamis, 28 Juli 2022 - 16:32:00 WIB
Ngeri, Petir Bunuh 49 Orang di India
Badai petir tewaskan 49 orang dalam sepekan di Uttar Pradesh, India (Foto: Antara)

LUCKNOW, iNews.id - Badai petir di Negara Bagian Uttar Pradesh, India, telah membunuh 49 orang pekan ini. Dalam kejadian terbaru pada Selasa lalu, tujuh orang, sebagian besar petani, tewas tersambar petir. Sisanya merupakan penggembala hewan ternak.

Pejabat kepolisian setempat Hem Raj Meena mengatakan para korban sedang berlindung di bawah pohon saat hujan deras mengguyur. Sambaran petir satu kali langsung membunuh para korban seketika. Dari tujuh korban tewas, empat di antaranya satu keluarga. 

Juru bicara pemerintah Uttar Pradesh Shishir Singh mengatakan otoritas mengeluarkan panduan baru mengenai penyikapan badai petir. Di dalamnya mengatur bagaimana cara berlindung yang aman saat hujan disertai petir melanda.

"Jumlah orang yang meninggal lebih banyak disebabkan petir ketimbang insiden terkait hujan, meskipun ini merupakan musin (biasanya) orang meninggal karena banjir atau insiden terkait hujan lainnya," kata Singh, dikutip dari Associated Press, Kamis (287/2022).

Musim hujan di India biasanya berlangsung dari Juni hingga September.

Sementara itu pejabat Departemen Meteorologi India Sanjay Srivastava mengatakan, petir telah menewaskan hampir 750 orang di penjuru negara itu sejak April. Sebanyak 20 di antaranya berada di Negara Bagian Bihar dalam 2 hari terakhir dan 16 di Madhya Pradesh pada awal Juli.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:



Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda