Ngerinya Letusan Gunung di Kepulauan Canary Atlantik, Lahar Terjang Rumah Warga

Anton Suhartono ยท Senin, 20 September 2021 - 12:04:00 WIB
Ngerinya Letusan Gunung di Kepulauan Canary Atlantik, Lahar Terjang Rumah Warga
Gunung Cumbre Vieja di Pulau La Palma Kepulauan Canary Samudera Atlantik meletus (Foto: AP)

LOS LLANOS DE ARIDANE, iNews.id - Gunung Cumbre Vieja di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Samudera Atlantik, meletus pada Minggu (19/9/2021), setelah sepekan terakhir menunjukkan peningkatan aktivitas. Sebelum letusan terjadi gempa bermagnitudo 4,2 mengguncang. 

Selama letusan, setidaknya dua mulut kawah terbuka menyemburkan magma ke udara yang kemudian mengalir deras menuruni lereng gunung. Lahar lalu mengarah ke permukiman memaksa evakuasi ribuan warga di wilayah kekuasaan Spanyol itu. 

Satu aliran lahar meluncur menuju permukiman di Desa El Paso. Wali Kota Sergio Rodriguez mengatakan, petugas mengevakuasi 300 orang yang dalam kondisi bahaya.

Lahar menghancurkan setidaknya delapan rumah serta meruntuhkan setidaknya satu menara. Pihak berwenang memperingatkan aliran lahar juga mengancam Kota El Paraiso, Alcala, dan daerah sekitarnya.

Institut Vulkanologi Kepulauan Canary melaporkan, letusan pertama terjadi pukul 15.00 waktu setempat di kawah yang terletak di ujung selatan pulau. Kawan itu terbentuk akibat letusan terakhir pada 1971. Gumpalan merah disertai asap hitam dan putih menyembur ke angkasa.

Presiden Kepulauan Canary Victor Torres mengatakan, pada pukul 23.00 sekitar 5.000 orang dievakuasi dari rumah mereka. Sebagian besar menetap di rumah kerabat atau teman sedangkan lainnya menghuni tempat penampungan.

Sementara itu Presiden La Palma Mariano Hernandez mengatakan, sejauh ini belum ada laporan korban meninggal atau luka, namun aliran lahar membuatnya khawatir mengenai permukiman di pantai.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: