Orangtua Remaja Inggris yang Tewas Ditabrak Istri Diplomat AS Tuntut Keadilan di Gedung Putih

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:27 WIB
Orangtua Remaja Inggris yang Tewas Ditabrak Istri Diplomat AS Tuntut Keadilan di Gedung Putih

Charlotte Charles, ibu dari remaja Inggris Harry Dunn, tiba di Union Station di Washington, Selasa, 15 Oktober 2019. (FOTO: AP)

WASHINGTON, iNews.id - Orangtua dari remaja Inggris yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas, yang melibatkan seorang istri diplomat Amerika Serikat (AS), bertemu dengan para pejabat Gedung Putih. Orangtua remaja itu ingin agar sang sang istri diplomat dikirim kembali ke Inggris untuk diadili.

Harry Dunn (19) tewas pada 27 Agustus dalam insiden tabrakan antara sepeda motornya dengan sebuah mobil. Menurut polisi Northamptonshire, East Midlands Inggris, mobil itu berada di jalur yang salah.

Harry Dunn tewas dekat pangkalan Angkatan Udara Croughton Royal di Northhamptonshire. Pangkalan itu digunakan oleh Angkatan Udara AS sebagai pusat komunikasi.

Orangtua Harry Dunn mengatakan mereka yakin Anne Sacoolas, sang istri diplomat, mengendarai mobil saat kecelakaan terjadi. Mengklaim kekebalan diplomatik, Sacoolas terbang kembali ke AS.

Sacoolas tidak didakwa melakukan kejahatan tetapi klaim akan kekebalan diplomatik dan keputusannya kembali ke AS memicu keributan di Inggris.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan Sacoolas harus kembali ke Inggris.

BACA JUGA: Jadi Tersangka Kecelakaan Lalu Lintas Mematikan, Istri Diplomat AS Kabur dari Inggris

"Saya tidak berpikir bahwa menggunakan proses kekebalan diplomatik adalah hal yang tepat untuk tujuan semacam ini."

Namun, foto Washington Post dari catatan singkat yang dipegang Trump dalam berita acara 9 Oktober menunjukkan tulisan, "pasangan pegawai pemerintah AS tidak akan kembali ke Inggris."

Tim Dunn dan istrinya Charlotte Charles mengumumkan pertemuan di Gedung Putih di halaman website "Justice4Harry". Seorang pejabat senior AS mengonfirmasi rencana tersebut.

BACA JUGA: Orangtua Remaja Inggris Terbang ke AS Temui Diplomat yang Tabrak Putranya hingga Tewas

Keluarga itu mengatakan mereka berharap undangan itu mewakili perjuangan mereka mendapat keadilan untuk Harry Dunn.

"Kami percaya ini hanya dapat dicapai jika Anne Sacoolas kembali ke Inggris dan terlibat dengan baik dengan sistem peradilan, di mana dia akan diperlakukan secara adil dalam penyelidikan yang tepat, tentang apa yang terjadi pada putra kami pada hari itu," kata mereka, seperti dilaporkan AFP, Rabu (16/10/2019).

Pengacara Sacoolas, Amy Jeffress, mengatakan kepada BBC bahwa kliennya "hancur" akibat insiden kecelakaan itu dan ingin bertemu dengan orangtua Dunn untuk mengungkapkan simpati terdalamnya.


Editor : Nathania Riris Michico