Pakistan Pamerkan Patung Pilot yang Jet Tempurnya Ditembak Jatuh di Kashmir, India Murka

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 13 November 2019 - 09:54 WIB
Pakistan Pamerkan Patung Pilot yang Jet Tempurnya Ditembak Jatuh di Kashmir, India Murka

Seorang siswa Pakistan di Karachi selfie di depan patung pilot India, Komandan Wing Abhinandan Varthaman yang pesawatnya ditembak jatuh di Kashmir awal tahun ini. (FOTO: AFP Foto / Asif HASSAN)

KARACHI, iNews.id - Pakistan memajang patung pilot India yang pesawatnya ditembak jatuh di Kashmir pada awal tahun ini. Hal itu memicu kemarahan media India, sebab sang pilot dianggap pahlawan.

Patung dengan ukuran asli sang pilot, Abhinandan Varthaman lengkap dengan kumisnya, dipasang di sebuah pameran di museum di Karachi, yang dipegang oleh Angkatan Udara Pakistan.

Pesawat Varthaman ditembak jatuh dalam pertempuran udara di wilayah Himalaya Kashmir yang disengketakan pada Februari lalu. Insiden itu terjadi dalam bentrokan yang memicu India dan Pakistan berada di ambang perang baru.

Setelah Varthaman ditangkap, militer Pakistan merilis video yang memperlihatkan sang pilot menyeruput secangkir teh dan dengan sopan menolak menjawab pertanyaan.

Sikapnya yang tabah dan sopan, dan komentarnya bahwa teh itu enak, membuat Varthaman dianggap sebagai pahlawan di India.

Dia dibebaskan beberapa hari kemudian sebagai bagian dari sikap damai Pakistan, yang ingin meredakan ketegangan.

Patung itu berdiri di sebuah galeri bernama Operation Swift Retort.

Pakistan menyatakan, pameran itu meliputi bagian dari badan pesawat dan ekor pesawat Varthaman, Mig-21, serta cangkir teh yang menyerupai yang digunakan sang pilot.

Galeri itu juga memuat gambar-gambar yang diputar ulang saat pesawat Varthaman ditembak jatuh, dan foto-foto yang menunjukkan bahwa dia dipulangkan ke India di perbatasan Wagah.

Tanda terima tipuan untuk secangkir teh yang diminum Varthaman -dengan biaya satu pesawat Mig-21- juga dibingkai dalam pameran. Gambar tanda terima ejekan itu menjadi viral beberapa hari setelah sang pilot ditangkap.

Museum ini berdiri di taman rekreasi untuk warga muda di Karachi, lengkap dengan pesawat dan perangkat keras militer lainnya.

"Saya merasa sangat bangga dengan negara saya melihat patung Abhinandan di galeri," kata Samiullah Bari, seorang siswa kelas 10 yang mengunjungi museum dalam study tour, seperti dilaporkan AFP, Rabu (13/11/2019).

Namun, orang India kurang antusias akan hal itu. Surat kabar Times of India menyebut pameran itu tanda titik terendah baru hubungan kedua negara.

Editor : Nathania Riris Michico