Pakistan: Iran Mau Kurangi Ketegangan dengan AS, Tak Mau Ada Pertumpahan Darah

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 10:55 WIB
Pakistan: Iran Mau Kurangi Ketegangan dengan AS, Tak Mau Ada Pertumpahan Darah

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi. (FOTO: REUTERS)

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi menyuarakan bahwa Iran berusaha menurunkan ketegangan dengan Amerika Serikat (AS). Qureshi membahas proses perdamaian Iran dan Afghanistan pada Jumat (7/1/2020) dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, lima hari setelah bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani.

Qureshi mengatakan dia mengerti bahwa Iran tidak ingin meningkatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Mereka tidak ingin perang, mereka tidak ingin pertumpahan darah lebih lanjut," kata Qureshi, kepada wartawan di Washington, seperti dilaporkan AFP, Sabtu (18/1/2020).

AS pada 3 Januari membunuh jenderal paling kuat Iran, Qasem Soleimani, dalam serangan drone di Baghdad.

Iran menanggapi dengan melakukan serangan rudal terhadap pasukan AS di Irak, tetapi Qureshi, sejalan dengan banyak pengamat, percaya bahwa pembalasan dirancang dengan meminimalkan korban.

Qureshi, yang negaranya memiliki hubungan kuat dengan Arab Saudi, mengatakan bahwa kepemimpinan Iran juga mengisyaratkan kesediaan meredakan ketegangan dengan tetangga Arabnya.

"Iran menyoroti masalah, perbedaan, mereka miliki dengan negara-negara penting lainnya di kawasan ini," katanya.

"Mereka mengatakan bahwa mereka bersedia terlibat di tingkat mana pun dan dalam format apa pun," kata Qureshi.

Presiden AS Donald Trump, yang memiliki hubungan dekat dengan Arab Saudi, pada 2018 menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Iran dan menjatuhkan sanksi besar-besaran yang bertujuan mengurangi pengaruh regional Iran.

Para pejabat AS menyalahkan Iran atas serangan pada September terhadap instalasi minyak Saudi, meskipun kekuatan Timur Tengah sejak itu terlibat dalam diplomasi yang berhati-hati untuk mengurangi gesekan.


Editor : Nathania Riris Michico