Palestina Hentikan Kerja Sama Keamanan dengan Israel, Begini Sikap AS

Anton Suhartono · Kamis, 21 Mei 2020 - 06:34 WIB
Palestina Hentikan Kerja Sama Keamanan dengan Israel, Begini Sikap AS

Mike Pompeo (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyesalkan ancaman Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang menghentikan kerja sama keamanan.

Sebelumnya Abbas mengancam menghentikan kerja sama keamanan dengan Israel dan AS, yang menjadi bagian dari penghentian semua kesepakatan melibatkan tiga pihak yang sudah diteken sebelumnya.

Ancaman itu disampaikan sebagai respons atas rencana Israel mencaplok wilayah Tepi Barat lebih luas untuk dijadikan permukiman Yahudi. Israel menyebut rencana tersebut sudah direstui AS.

“Kami berharap kerja sama keamanan terus berlangsung, pekerjaan untuk menjaga (keamanan) warga Israel dan Palestina akan terus berlanjut. Saya menyesalkan dia (Abbas) memutuskan untuk membatalkan kesepakatan ini," kata Pompeo, dikutip dari AFP, Kamis (21/5/2020).

Pekan lalu Pompeo berkunjung ke Israel untuk membahas rencana pencaplokan Tepi Barat. Dia mendesak Palestina untuk menerika rencana perdamaian yang diusulkan Presiden Donald Trump.

Pompeo mengklaim Palestina akan mendapat banyak manfaat dari rencana perdamaian Trump.

“Palestina terus menolak dan sekadar duduk dan menegosiasikan Visi Presiden Trump untuk Perdamaian," kata Pompeo, saat itu.

Presiden Abbas serta faksi perlawanan Palestina lain satu suara menolak dengan tegas rencana perdamaian itu dengan alasan tanah Palestina tidak untuk dijual.

Di AS, kandidat calon presiden penantang Trump, Joe Biden, menentang rencana pencaplokan Tepi Barat. Dia menegaskan rencana itu akan merusak harapan untuk perdamaian di Timur Tengah.

Editor : Anton Suhartono